Monday, October 12, 2009

INSTALASI ROCKET DOCK

RocketDock adalah sebuah aplikasi kecil (sekitar 6,5Mb) untuk menampung icon-icon di desktop kita selayaknya aplikasi dock di Macintosh.
Dengan penggunaan resource yang relatif sedikit dan “kecantikan” desktop yang dihasilkannya, rocketdock menjadi sebuah aplikasi wajib bagi para pengguna OS Windows yang menginginkan tampilan dock yang memukau. Selain itu, dengan RocketDock, desktop kita menjadi lebih lapang dan “bersih” karena icon-icon yang ada di desktop bisa dipindahkan sebagian, atau bahkan seluruhnya ke RocketDock.
Kali ini saya akan coba membahas mengenai cara instalasinya, dan manajemen icon yang mungkin bisa juga anda terapkan di laptop/komputer anda…
Pertama-tama, tentu saja kita membutuhkan software RocketDock. Software tersebut bisa kita download dari:
LINK INI.
Setelah itu, jalankan proses instalasi sampai berakhir. Sebagai tambahan, saat diminta untuk menambah icon rocketdock didesktop, berikan saja tanda cek di kolom tersebut:

Setelah proses instalasi selesai, klik icon rocketdock di desktop untuk menjalankan aplikasi tersebut. Jika berhasil, maka rocketdock akan muncul di bagian atas desktop anda:

Setelah itu, kita akan melakukan beberapa pengaturan awal agar pemakaiannya nanti bisa lebih mudah.

  • General: Pengaturan umum:

Disini kita bisa melakukan pengaturan umum dari rocketdock berupa:
Run at startup: Centak kotak pilihan untuk membuat aplikasi terbuka otomatis setelah komputer dinyalakan
Store setting in a portable .INI:
Menyimpan pengaturan dalam sebuah file “.ini”.
Centang kotak ini untuk penggunaan stackdocklet kedepannya.
Minimize windows to the dock: Centang kotak ini jika anda menginginkan minimized windows (tanda strip di kanan atas jendela windows) akan di tempatkan di rocketdock nantinya.
Running application indicators: Untuk menampilkan “tanda” indikator aplikasi mana yang sedang berjalan (berupa tanda panah hitam kecil di bawah icon yang aplikasinya sedang berlangsung.
Bagi pengguna Vista, perlu perlakuan khusus untuk sesi “Store settings in a portable INI). Hal ini dikarenakan vista menggunakan User Account Control yang membatasi aplikasi rocketdock untuk membuat file baru (.INI) dalam foldernya.
Maka kita perlu mengubah “ijin” dari Vista…
Pertama, buka Computer- Local Disk (C:) -Program Files (x86).
Setelah itu, klik kanan pada folder RocketDock lalu pilih “Properties”:

Kemudian pilih jendela “Security”, dan klik “Edit” pada pilihan editing permission:

Setelah itu, pilih “Users (Nama-Profil-Vista-Anda\Users)” lalu di bagian “Allow”, centang semua kotak yang ada. Hal ini akan membuat Vista mengijinkan anda memiliki hak akses penuh terhadap folder tersebut.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka sekarang anda bisa menyimpan pengaturan RocketDock ke dalam file .INI. Untuk mengeceknya, buka Dock Settings, dan lakukan klik kotak “Store Settings in a Portable INI”. Setelah itu klik OK dan tutup Dock Settings.
Kemudian buka kembali Dock Settings. Jika tanda cek masih tertera di kotak tersebut, maka pengaturan sudah bisa disimpan. Hal ini perlu dilakukan untuk penggunaan StackDocklet ke depannya. Karena jika tidak dilakukan, RocketDock akan kembali ke pengaturan awal saat kita menyalakan kembali komputer kita.
  • Position: Pengaturan Posisi:

Disini kita bisa mengatur posisi dari RocketDock kita, apakah di atas, kanan, kiri, atau di bawah. Untuk “Layering” pilih opsi “Normal”. Sedangkan “Centering” bisa digunakan untuk mengatur posisi tengah dari rocketdock, dan “Edge offset” untuk mengatur jauh dekatnya posisi rocketdock dari ujung monitor.
Pengaturan posisi bisa dilakukan menurut selera dan keyakinan masing-masing :)
  • Behaviour: Pengaturan Perilaku Aplikasi

Kita bisa mengatur perilaku aplikasi rocketdock dengan dua opsi: “Auto Hide”, untuk otomatis menyembunyikan dock saat tidak dipakai, atau “Popup on Mouseover”, untuk memunculkan dock saat kita mengarahkan mouse ke posisi dock sesuai pengaturan posisi yang kita atur sebelumnya.
Pengaturan “Icon Attention Effect” adalah gerakan yang ditampilkan oleh rocketdock saat kita meng-klik icon yang ada di dock tersebut. Pilihan ini juga bisa diatur sesuai selera masing-masing.
Jika pengaturan awal sudah selesai, maka kita bisa langsung menikmati dock di dekstop kita! Tinggal bereksperimen dengan pengaturan-pengaturan lain, mengubah tema, dan menambahkan shortcut lainnya.
Untuk menambah keindahan dock, kita bisa menambahkan StacksDocklets agar tampilannya kira-kira seperti ini:

Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment

your comment